Pasca Munaslubsus, PJS Sumut Serahkan SK Kepengurusan 3 Kabupaten

Pasca Munaslubsus, PJS Sumut Serahkan SK Kepengurusan 3 Kabupaten

MEDAN – Menyusul perubahan nama PJS dari Pemerhati Jurnalis Siber menjadi Pro Jurnalismedia Siber, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PJS Sumatera Utara menyerahkan SK kepengurusan kepada 3 Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

SK tersebut diserahkan Ketua DPD PJS Sumut, Jhon H Damanik didampingi Sekretaris Sofyan Siahaan kepada Ketua DPC Toba, Berlin Marpaung, Ketua DPC Simalungun, Marnaek Saragih dan Sekretaris DPC Batu Bara, Subari di Cafe Sobat, Sabtu (7/10/2023).

Usai menyerahkan SK, Jhon Manik berharap pengurus DPC segera melaporkan perubahan nama ini ke Kesbangpol masing-masing daerah.

“Kita harapkan teman-teman bisa segera melaporkan perubahan nama ini, agar organisasi ini terdata di pemerintahan setempat. Karena PJS bertekad tahun depan akan bisa menjadi konstituen Dewan Pers,” kata Jhon Manik.

Baca Juga  Polres waykanan mengamankan pelaku pencurian tandan sawit di kampung segara midar kecamatan Blambangan Umpu

Ia juga mengingatkan pada tanggal 28-30 Oktober mendatang, PJS akan menggelar Rakernas I di Jakarta. Ia berharap seluruh DPC yang ada di Sumatera Utara bisa hadir dalam kegiatan tersebut.

“Rakernas ini akan menjadi tonggak sejarah dalam perkembangan organisasj ini. Belum genap 2 tahun PJS telah berdiri di 28 propinsi dan lebih dari 100 an kabupaten kota se Indonesia,” ujarnya lagi.

Dalam Rakernas nanti, sejumlah agenda mendasar organisasi akan dibahas, termasuk langkah-langkah persiapan menuju pendaftaran ke Dewan Pers.

“Target kita, tahun ini PJS sudah menjadi konstituen Dewan Pers,” tegasnya.

Wartawan senior yang lama ngepos di unit kepolisian ini juga berharap dengan perubahan nama PJS, akan membangkitkan semangat dan semakin solid.

Baca Juga  Aksi Bulying Di SMPN 1 Gedung Surian Berujung Patah Tulang

“Kata Pro yang merujuk pada kata profesional tentu ingin menunjukan jati diri kita sebagai jurnalis yang profesional dan taat pada kode etik jurnalistik,” ucap Jhon.

Menurut Jhon Manik saat ini PJS sudah berdiri disejumlah daerah yakni di Deli Serdang, Batu Bara, Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Simalungun, Nias, Labuhanbatu dan Toba. Daerah yang menyusul segera terbentuk DPC nya, Tapteng-Sibolga, Serdang Bedagai dan Madani.

“Antusiasme teman-teman jurnalis daerah yang ingin bergabung PJS sangat luar biasa. Kita ingin dengan bergabungnya mereka akan juga meningkatkan keahlian jurnalistiknya menuju kesiapan kita menggelar Uji Kompetensi Wartawan sendiri,” tutupnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *