Lada dan Manfaatnya Bagi Tubuh

TUNTASLAMPUNG.COM – Lada merupakan rempah asli Indonesia yang sudah terkenal hingga penjuru dunia sejak berabad-abad, Di Indonesia sendiri, keberadaan lada dimanfaatkan sebagai penyedap makanan yang memiliki rasa pedas dan bersifat menghangatkan tubuh,

Di kabupaten Way kanan, tanaman lada di Way Kanan dapat di budidaya dan menjadi aset bagi masyarakat kabupaten, Dalam bincangan bersama Camat Blambangan Umpu Ahmad Safari Menyatakan tersebut bawasanya lada aset hasil kebun yang di tanam di daerah gunung labuhan dan lainnya. Dalam sektor pertanian dapat kita lihat dalam mengurus lada tidak cukup gampang baik penanaman maupun perawatan dan juga harus di iringi dengan pemupukan.

Dalam hasil panen lada dapat di bagi menjadi empat bagian lada merah lada hijau pada hitam dan lada putih. Pada zaman nenek moyang kita lada sering menjadi simbolis bahan tabungan atau bater(tukar barang) sehingga lada hitam tetap exis demi kiyan pula dengan lada putih.

Baca Juga  Polsek Gadingrejo berhasil tangkap 378 asal Tanggamus.

Di negara maju lada hitam dan lada putih sering digunakan menjadi bumbu penyedap misalnya di negara tetangga lada hitam bisa di sajikan dalam bentuk kuliner masakan steak yang di harganya bisa mencapian hampir satu juta.

Sedangkan harga dan kegunaan lada putih bisa mencapai ratusan ribu perkilo dan bisa di sajikan dalam bentuk lada blend( halus) atau rough( kasar) untuk soup di musim dingin.
Untuk menjamin harga buah lada kita wajib merawat dan mengolah sepenyaimpaian sehingga bisa maksimal mungkin baik harga produk dan nilai jual.Erwanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *