Aroma Bau busuk Yang Di Duga Limbah cair Rumah Sakit Umum RSUD kabupaten Pringsewu

Aroma Bau busuk Yang Di Duga Limbah cair Rumah Sakit Umum RSUD kabupaten Pringsewu

PRINGSEWU – Aroma tak sedap tercium di Area rumah sakit umum RSUD kabupaten Pringsewu, Limbah cair rumah sakit adalah seluruh hasil buangan dari proses kegiatan pelayanan rumah sakit yang meliputi limbah cair domestik (air buangan dapur, kamar mandi dan air bekas cucian pakaian), air limbah klinis (air bekas cucian luka, darah dan lain-lain), air limbah laboratorium dan lain- lain.
Rabu,(25/10/2023)

Limbah cair industri paling sering menimbulkan masalah lingkungan seperti kematian ikan, keracunan pada manusia dan ternak, kematian plankton, akumulasi dalam daging ikan dan moluska, terutama bila limbah cair tersebut mengandung zat racun seperti: As, CN, Cr. Cd, Cu, F, Hg, Pb atau Zn.

Baca Juga  Purwanto; TPAS Bumi Ayu Belum Pernah Direvitalisasi, Penanganan Selalu Darurat

Limbah medis dianggap sebagai mata rantai penyebaran penyakit menular, limbah bisa menjadi tempat tertimbunnya organisme penyakit dan menjadi sarang serangga juga tikus. Selain itu didalam limbah medis juga mengandung berbagai bahan kimia beracun dan benda-benda tajam yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Sudah tentu sesuai dengan aturan yang ada, limbah infeksius dimusnahkan dengan insenerator. Limbah non-infeksius dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA). Limbah benda tajam dimusnahkan dengan insenerator. Limbah cair dibuang ke spoelhoek.

Adapun Cara Pengolahan limbah
Limbah infeksius tersebut dimusnahkan dengan insenerator.
Limbah non-infeksius dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA).
Limbah benda tajam dimusnahkan dengan insenerator.
Limbah cair dibuang ke pojok limbah atau spoelhoek.
Limbah feses, urine, darah dibuang ke tempat pembuangan atau pojok limbah (spoelhoek).

Baca Juga  Aparat Kampung Sampai Jajaran Tidak Netral Ketua Bawaslu Waykanan Tindak Tegas Akan Mendapatkan Sangsi

Namun mirisnya aroma bau tak sedap tercium dengan jelas Secara kasat mata wartawan TUNTAS LAMPUNG melihat ke dalam rumah sakit langsung, seperti tak ada upaya untuk mengatasi permasalah tersebut,

Rahmat tata usaha mengatakan melalui chat waattsaap pribadinya kepada media ini, “nah itu yg lg kita bahas sekarang ini mas. itu udah jadi perhatian kita. terima kasih dah memperhatikan itu juga, Cetusnya pada media ini.

Kemudia salah satu pengunjung keluarga pasien pun membeberkan hal tersebut saat di konfirmasi awak media, “ya air limbah ini sangat menyengat sekali baunya, sehingga sangat menggangu untuk pasien itu sendiri khususnya, terlebih lagi seharusnya para pegawai rumah sakit juga tentu merasa tidak nyaman dengan aroma bau busuk ini, tapi kog tidak ada upaya untuk mengatasi permasalah ini dan di biarkan saja, “bebernya.

Baca Juga  Potret Sampah di Pinggir Jalan Peraih Adipura

Sampai berita ini terbit Direktur Rumah Sakit Umum RSUD kabupaten Pringsewu Belum Bisa di temui karna masih ada acara di urban, ucap salah satu pegawai rumah sakit.(ANDY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *